Hati-hati kalau kamu mengorek kuping

Korek kuping

Banyak anggapan KOREK KUPING itu untuk membersihkan telinga dari kotoran..

Tapi sebenernya korek kuping itu justru BERBAHAYA…

Knapa? Bukannya korek kuping itu membersihkan telinga? Memang betul.. Korek kuping akan membuat kuping kita BENAR-BENAR BERSIH. Tetapi jangan salah.. telinga kita adalah bagian tubuh yang terdiri dari berbagai saraf yang rumit.. apabila kita mengorek bagian dalam maka otomatis saraf juga tertekan.. banyak akibat negatif yang bisa kita rasakan..
Seperti:

1. Wajah menjadi tidak simetris. Tidak secara langsung, tetapi bila proses saraf terus menerus tertekan maka (dalam waktu belasan tahun) saraf pengontrol otot wajah akan menjadi tidak seimbang dan menyebabkan wajah menjadi tidak simetris. Contohnya seperti kelopak mata yang beda sebelah, ini adalah hasil dari kita menekan saraf pengontrol otot wajah.

2. Apabila mengorek terlalu keras dapat melukai kulit dalam telinga. (sumpah rasanya sakit)

3. Secara tidak sadar kita telah membuang getah bening dari dalam telinga (yang berwana agak kekuningan) yang berfungsi untuk menangkap kotoran. Apabila getah tersebut dihilangkan maka kotoran akan mudah mengenai gendang telinga kita, dan mungkin dapat menyebabkan tuli. Dan getah bening tersebut BUKANLAH kotoran, itu memang diproduksi telinga (sama halnya seperti kelenjar yang berlendir yang ada di bagian dalam hidung kita yang berfungsi mengenali bau dan mentransfer ke otak informasi bau yang kita hirup). Apabila warna getah bening telah menjadi kemerahan artinya banyak kotoran yang telah tertangkap.

4. Apabila kita menekan bagian dalam atas telinga (dekat gendang telinga) dapat mengurangi fungsi pendengaran kita. karena di situ letak saraf yang mengatur ketajaman fungsi pendengaran

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga??

Tidak perlu dibersihkan, karena saat kotoran di telinga kita sudah banyak kotoran tersebut akan mengering dan keluar dengan sendirinya. dan kita tidak akan menyadari hal ini karena kotoran yang mengering keluar sedikit demi sedikit.
Kita dapat membantu membersihkan telinga dengan tissue hanya dengan mengusap bagian luar telinga untuk membersihkan dari daki dan membersihkan getah bening telinga yang keluar dari lubang telinga kita..

Ini info yang aku dapat dari dokter THT saat aku berobat ketika aku ngga sengaja mengorek kuping terlalu keras dan bagian dlam telingaku berdarah. Lalu dokternya juga memberi info seperti yang aku tulis diatas. N aku mau bagi2 d sini. Ya.. moga2 aja info ini berguna..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s