Tata Nano, segera siap expansi ke Indonesia?


Salah satu produsen otomotif India, belum lama ini, meluncurkan sebuah mobil super murah. Tata Nano, nama mobil buatan Tata Motor ini, berjuluk mobil rakyat karena ditawarkan dengan harga yang benar-benar merakyat, yakni US$ 2.500 atau kurang dari Rp 25 juta.

Tampil dengan bentuk yang kompak, mobil ini diyakini mampu menerobos jalanan yang padat di kota-kota besar. Tapi, peluncuran mobil ini bukan tanpa kritikan. Sejumlah kalangan mengkhawatirkan kehadiran mobil mungil ini akan berdampak buruk pada lingkungan, terutama di negara dengan standar emisi yang buruk. Kehadiran mobil ini juga dikhawatirkan akan memperparah kemacetan. Bahkan, ada kecurigaan harga yang super murah itu diperoleh dari penurunan standar kualitas dan keamanan mobil.

Namun, semua kritikan itu dibantah pihak Tata Motor. Mereka menjamin mobil tersebut justru menghasilkan polusi paling rendah karena telah lolos uji emisi. Disamping, lolos uji standar keamanan, mobil ini juga irit bahan bakar. Dengan satu liter bensin mobil ini mampu menempuh jarak 20 kilometer.

Mobil yang memiliki kapastitas angkut empat orang akan segera meramaikan pasaran. Peluncuran Tata Nano telah mendorong Renault dan Nissan untuk menjajaki kemungkinan memproduksi mobil kompak dengan harga jual kurang dari tiga ribu dolar AS atau sekitar Rp 30 juta.(IAN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s