Kota termahal di dunia

St Baisle, Moscow
Ibukota Rusia, Moskow kembali dinyatakan sebagai kota paling mahal dunia untuk tempat tinggal staf asing untuk kali secara berturutan. Sedangkan, ibukota Inggris, London berada di posisi kedua dalam laporan hasil penelitian Biaya Hidup 2007 oleh Mercer Human Resource Consulting.

Tiga kota Asia, yakni Seoul, Tokyo dan Hong Kong berada di posisi ketiga, empat dan kelima. Sedangkan, ibukota Paraguay, Asuncion adalah kota termurah. Kajian ini mengukur biaya 200 jenis pengeluaran, termasuk perumahan, sandang, dan pangan di 143 kota di enam benua.
Tempat paling mahal untuk menyewa apartemen dua kamar mewah tanpa perabotan adalah Tokyo dengan tarif sekitar $4200 per bulan, dan termurah Johannesburg, Afrika Selatan dengan tarif sekitar $980 per bulan. Dan, secangkir kopi di Moskow berharga lebih dari 6 dolar (Rp50.000), di Buenos Aires kurang dari Rp17.000).

Biaya akomodasi yang tinggi dan kurs mata uang terhadap dolar Amerika yang menguntungkan merupakan faktor kunci di balik posisi Moskow yang tetap dominan dalam sigi biaya hidup ini, kata Mercer.

Di Eropa, mata uang Euro yang menguat mendongkrak biaya untuk hidup di banyak negara, khususnya Jerman dan Spanyol. Enam kota di Eropa berada di jajaran 10 kota termahal dunia.
Kota terbesar Israel, Tel Aviv dinyatakan sebagai kota termahal di Timur Tengah dengan berada peringkat ke 17 (dari ke-24 pada tahun 2006).

Asia menempatkan empat kota dalam jajaran 10 kota termahal dalam peringkat Mercer. Osaka, Jepang berada di posisi ke-8. Kota terbesar Australia, Sydney merupakan yang termahal di kawasan Oseania dan berada di posisi ke-21.

Di Afrika, tempat termahal untuk tinggal adalah kota terbesar Kamerun, Douala, yang berada di peringatkan ke-24.

Ibu Zimbabwe, Harare, tidak disertakan dalam survey tahun ini. Kota ini terjebak dalam krisis ekonomi dengan laju inflasi tertinggi di dunia, 3.714%.

Di Amerika Utara, posisi New York menurun ke posisi ke-15.

Di Amerika Selatan, Sao Paulo (peringkat 62) dan Rio de Janeiro (64) adalah tempat termahal untuk tinggal. Ibukota, Paraguay merupakan kota termurah untuk tinggal dari 143 yang disurvey. Ini kali kelima secara berturutan kota ini berada di peringkat yang sama.
Kota termurah lain adalah kota terbesar Pakistan, Karachi (ke-142), dan ibukota Ekuador, Quito (ke-141).

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s