Mempublikasikan diri lewat internet

Tidak kerasa, saya sudah banyak mempublikasikan diri saya di Internet. Jika saya mencari diri saya dengan mengetik keyword dengan kata “Sonny Mochamad” pada search engine google maka hasil teratas-nya adalah blog saya yang lama di smochamad.wordpress.com.

Sebenarnya tujuan saya mempublikasikan diri saya di internet adalah untuk menulis dan mencari teman saja. Tapi kesekarang saya mulai berpikir untuk bagaimana mencari uang lewat internet dan tentunya dengan cara yang halal.

Back to topik, saya mengenal internet semenjak kelas 2 SMA. Saat itu internet mulai booming dan chatting menjadi salah satu fasilitas dari internet yang menjadi favorit orang pada masa itu. MIRC menjadi pilihan orang-orang termasuk saya untuk untuk chatting.

Awal publikasi saya di internet adalah melalui email, entah apa email pribadi pertama saya. Tapi yang jelas, namanya adalah nama yang aneh-aneh dan merupakan nickname saya waktu itu.

Pertama kali mulai menulis adalah ketika saya bergabung di Friendster. Di Friendster ini lah saya mulai mengenalkan diri saya kepada orang-orang di luar sana. Foto-foto yang bersifat pribadi, namun tidak terlalu pribadi, mulai saya beranikan untuk di pajang disana. Sifat Friendster yang tidak terlalu bersifat menulis lama-lama membuat saya bosan. Soalnya isinya sejak dari awal sampai sekarang itu-itu saja. Paling hanya berisi Sekolah, Makanan Favorit, Pekerjaan, Buku Favorit, dll. Akhirnya lama-lama mulai saya tidak aktif disana.

Publikasi kedua saya antara lain yaitu di Multiply, tapi menurut saya tetap saja kurang ok kalo dipakai untuk menulis. Sebenarnya sih, menulis saya itu tidak bagus-bagus amat🙂

Terakhir ya di wordpress ini, sampai akhirnya saya berniat untuk me-migrasikan blog saya ke domain tersendiri.

Salam

Leave a Reply

