Adam Air akan bangkrut?

Hmmmm kata-kata itu saya pikir setelah kejadian yang menimpa Adam Air terakhir ini dimana pesawat Adam Air tersebut tergelincir di bandara Hang Nadim Batam. Kenapa menurut saya akan bangkrut? karena salah satu pemegang sahamnya, GTS – PT Global Transport Services (GTS), hengkang dari maskapai tersebut. Dari yang saya tau, GTS ini memegang sekitar 15% saham Adam Air. Memang sih tidak dan bukan merupakan mayoritas pemegang saham, tapi menurut saya kepemilikan 15% itu merupakan kue besar dalam kepemilikan suatu saham – lah wong saya aja cm pegang 10.000 lembar saham KIJA aja itu itungannya dikit banget xixixix…

Dari hasil googling, saya mendapatkan data kecelakaan Adam Air ini dari tahun 2006. Berikut rangkumannya:

a. 11 Februari 2006, Boeing 737-300 AdamAir PK-KKV rute Jakarta-Makassar, kehilangan arah karena kerusakan sistem navigasi dan mendarat di Bandara Tambolaka, NTT. Pesawat membawa 146 penumpang dan 6 awak pesawat.

b. Januari 2007, Adam Air Penerbangan 574 PK-KKW Boeing 737-400 Jakarta-Manado via Surabaya, membawa 96 penumpang dan 6 awak, hilang di perairan Sulawesi. Hanya sebagian kecil bagian pesawat yang ditemukan. Seluruh 102 penumpang dan awak pesawat tidak ditemukan.

c. 21 Febuari 2007, AdamAir PK-KKV, Boeing 737-300 rute Jakarta- Surabaya tergelincir di Bandara Juanda, Surabaya. Badan pesawat melengkung namun semua penumpang selamat. Atas peristiwa ini, Departemen Perhubungan memerintahkan untuk menghentikan sementara pengoperasian tujuh pesawat Boeing 737-300 milik AdamAir.

d. 20 Febuari 2008, kaca kokpit Boeing 737-300 AdamAir tujuan Medan-Jakarta retak. Pesawat terpaksa kembali mendarat di Bandara Polonia Medan setelah terbang selama 15 menit.

e. 10 Maret 2008, pesawat Adam Air KI-292 Boeing 737-400 jurusan Jakarta-Batam tergelincir di landasan Bandara Udara Hang Nadim, Batam.

Sebenarnya Adam Air ini patut berbangga lho, karena maskapai ini merupakan maskapai pertama low cost carrier yang pertama yang berhasil mendarat di Singapura. Kenapa bangga? karena di Singapura, hanya pesawat-pesawat tertentu saja yang dalam kondisi baik yang boleh mendarat disana. AirAsia saja, yang merupakan maskapai yang mengusung low cost carrier harus berusaha sekuat tenaga untuk berhasil mendarat di Singapura – demikian yang saya baca di buku The Story of AirAsia.

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s