Hati-hati kalau makan kerupuk

Kerupuk

Mungkin makanan yang satu ini udah ga asing lagi. Mulai dari anak² , remaja sampai orang dewasa banyak yang senang mengkonsumsi Kerupuk sebagai cemilan atau teman makan saat menyantap nasi atau bakso. selain warnanya yang menarik Kerupuk juga banyak disukai karena renyah dan gurih.

Tapi tahukah anda , bahwa banyak Kerupuk yang beredar di pasaran yang menggunakan zat kimia dalam pembuatannya. yaitu Rhodamin B dan Tawas. Rhodamin B adalah pewarna untuk bahan tekstil. sedangkan Tawas adalah penjernih air. kedua zat kimia tersebut sangat merusak kesehatan tubuh kita. Rhodamin B digunakan dalam pembuatan Kerupuk dengan maksud agar warna Kerupuk dapat lebih cerah , sebenarnya pewarna khusus makanan sudah ada , tapi dibanding Rhodamin B pewarna makanan jauh lebih mahal. Pewarna makanan 1 Kilo seharga Rp. 90.000 sedangkan Rhodamin B 1 Kilo nya Rp. 70.000 . Takaran pemakaian pun , Rhodamin B jauh lebih hemat dibanding pewarna khusus makanan , perbandingannya 4 : 1 .

Tawas , penggunaan Tawas dalam pembuatan Kerupuk bertujuan agar Kerupuk dapat lebih mengembang pada saat di goreng. Sebenarnya agar Kerupuk dapat lebih mengembang bisa menggunakan bahan alami seperti cabai bawang putih dan garam . tapi jika menggunakan bahan alami terkadang dapat merubah rasa pada Kerupuk . garam misalnya , bila kelebihan garam dapat menyebabkan rasa kerupuk menjadi asin . lain halnya dengan menggunakan Tawas . Tawas tidak merubah rasa kerupuk sama sekali .

Baik Rhodamin B atau Tawas dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh kita. karena pada dasarnya zat kimia yang bersifat sintesis tidak dapat bersinergi dengan tubuh kita , maka dari itu zat tersebut akan selalu diperlakukan sebagai racun oleh tubuh kita.
Efek samping dari Rhodamin B dan Tawas bagi tubuh kita adalah. Iritasi pada pencernaan. Pengeroposan Tulang dan yang lebih parah adalah dapat menyebabkan Kanker.

Bagaimana cara kita mengetahui apakah Kerupuk yang kita makan memakai Rhodamin B atau Tawas ?

Kerupuk yang menggunakan Rhodamin B akan berwarna lebih cerah , sedangkan Kerupuk yang menggunakan pewarna khusus makanan warnanya akan lebih terlihat kusam dan tidak cerah. Kerupuk yang menggunakan Tawas agak sulit dibedakan dengan yang menggunakan bahan alami. tapi apabila Kerupuk yang anda goreng sangat mengembang ( berlebihan ) patut dicurigai menggunakan Tawas. dan Kerupuk yang menggunakan Tawas lebih cepat alot atau lembek.

Jadi, agar kita semua berhati-hati terhadap kerupuk yang menggunakan zat pewarna buatan.

2 thoughts on “Hati-hati kalau makan kerupuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s