Shaving…shaving dipagi hari

Kamu terlihat sangat berbeda pagi ini. Saat sedang menggosok gigi, dan memandang ke arah kaca, ternyata ada rambut-rambut bermunculan di wajah. Kamu yang cewek, ternyata di lengan dan kaki kamu juga dipenuhi bulu-bulu. Hal ini sangatlah wajar.

Tapi, tiba-tiba kamu tidak terlalu yakin apakah saat ini ingin membiarkan jenggot dan kumis atau bulu di lengan dan kaki terus bertumbuh. Inilah saatnya kamu bercukur (meskipun kamu tidak memiliki peralatan cukup untuk mencukur di pagi hari).

Sebenarnya, mencukur bukanlah hal yang besar dan menyulitkan jika kamu harus menghadapinya. Ini cepat, mudah dan tinggal mengikuti tips berikut ini. Dijamin tidak akan menimbulkan sakit.

Pisau cukur biasa
Mencukur, biasanya menggunakan pisau cukur, untuk memindahkan ujung akar rambut yang tumbuh di bagian yang tidak diinginkan. Pisau cukur hadir dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk standar baik yang sekali pakai buang atau dilengkapi dengan pisau yang harus diganti secara rutin. Dan ada juga yang menggunakan tenaga listrik.

Menggunakan pisau cukur elektrik bisa mempersingkat waktu dan nyaman, tetapi banyak pengguna menemukan bahwa menggunakan pisau cukur elektrik hasilnya tidak sebersih pisau cukur manual. Meski menggunakan pisau cukur elektrik cukup mudah (hanya menyalakan dan menggerakkan di bagiankulit yang berbulu), sementara menggunakan pisau cukur biasa memiliki beberapa aturan yang harus diikuti.

Saat menggunakan pisau cukur biasa, yang terpenting adalah pisau yang digunakan harus bersih dan tajam (pisau cukur yang terbaik adalah yang memiliki dua pisau dengan kepala pisau yang bisa digerakkan). Hindari menggunakan pisau yang tumpul atau kasar. Karena, pisau yang tumpul akan meninggalkan bekas merah di bagian rambut yang tidak tercukur baik. Yang paling parah, pisau yang tumpul akan juga mengangkat kulit bersama dengan rambut. Jangan takut untuk mengganti pisau (atau mengganti pisau cukur jika jenis sekali pakai buang.

Mencukur akan mengikis minyak alami yang ada di wajah. Jadi, hal terpenting berikutnya adalah mengoleskan gel cukur agar kulit tidak terlalu kering dan mengurangi terjadinya goresan akibat pisau cukur. Pililah gel cukur yang menurut kamu nyaman digunakan dan cobalah. Jika memilih gel cukur yang mengandung mentol, berhati-hatilah karena mentol terkadang bisa menyebabkan reaksi pada beberapa jenis kulit dan menimbulkan jerawat yang memerah. Jika itu terjadi pada dirimu, jangan khawatir, cukup ganti dengan gel tanpa kandungan mentol.

Aduh!
Kulit terluka dan tergores adalah bagian dari mencukur. Tidak akan terjadi setiap kali mencukur, tapi pasti terjadi. Saat kulit tergores dan terpotong, pastikan untuk mengambil tisu atau kain yang bersih dan tekan untuk menghentikan pendarahan. Jika goresan letaknya tepat di tengah sekitar wajah yang akan dicukur, waktunya untuk mengganti pisau cukur, gunakan pisau cukur elektrik untuk mencukur sisa rambut yang masih ada. Setelah itu jangan mencukur beberapa hari sampai luka benar-benar sembuh.

Sisa rambut yang tertanam di dalam kulit sering muncul sesudah cukur. Biasanya, rambut tumbuh berbalik arah ke dalam kulit. Rambut itu bisa menembus folikel hingga mengakibatkan gesekan pada pisau cukur. Situasi seperti ini bisa diatasi dengan menggunakan pisau cukur khusus, tapi tidak selamanya cocok untuk semua orang. Jika memiliki kasus seperti ini, coba hubungi ahli kulit untuk menemukan cara terbaik menghilangkan rambut-rambut tersebut. n fia/teenhealth

Mari Kita Bercukur
Basuhlah wajah dengan air panas atau air hangat. Untuk membuat bulu di kulit lebih lembut dan membuka pori-pori pada kulit, sehingga bulu lebih siap dan mudah untuk dicukur. Cobalah mencukur sesaat sesudah mandi.

Taruh krim cukur di tangan lalu usapkan pada wajah atau kaki atau lengan, pastikan merata di daerah yang ingin dicukur. Tekan pisau cukur pada daerah yang ingin dicukur, dianjurkan pada daerah yang lebih mudah untuk dicukur. Cukur perlahan dengan jarak pendek dan ingat gerakan pisau searah rambut tumbuh. Jakan menekan terlalu keras, tetapi jangan pula terlalu lembut.

Jika sudah selesai pada bagian yang mudah, pindahlah pada bagian wajah yang sulit untuk dicukur. Seperti pada daerah mulut bagian atas, daerah dagu, leher. Cobalah untuk sedikit menarik kulit untuk menghasilkan permukaan yang datar dan usaplah bagian itu dengan pisau cukur.

Jika sudah selesai mencukur, basuhlah sampai bersih dengan air dingin. Jika ingin, oleskan cairan aftershave. Tergantung pada kecepatan pertumbuhan kumis maupun jenggot, atau bulu di tangan dan kaki, ulanglah proses ini setelah 1-3 hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s