Ciri-ciri bisnis yang SCAM

Hati-hati buat kamu yang mempercayai uang kepada Fund Manager (FM) perseorangan/badan yang belum terkenal. Kenapa? karena ada kemungkinan FM tersebut akan melakukan SCAM.

Apakah SCAM itu? scam adalah tindakan penipuan yang dilakukan oleh FM dengan cara apapun sehingga uang yang di setorkan tidak kembali lagi ke investor. Ada banyak tindakan scam yang dilakukan FM tidak bertanggung jawab ini, antara lain: mengirimkan email palsu ke investor, membawa kabur dana yang telah disetorkan, dan memasukkan dana ke tempat yang tidak sesuai dengan perjanjian awal.

Untuk itu kita harus berhati-hati dengan orang atau badan yang menawarkan bisnis, selidiki dulu background usahanya. Dan yang paling penting kita jangan langsung percaya dengan orang/badan tersebut.

Bisnis yang menjurus ke arah scam mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Business model yang tidak jelas
    Websitenya tidak ada menjelaskan model bisnisnya. Darimana uang keuntungan itu didapat? Hanya disebutkan bahwa 75% dana kita dipakai untuk investasi. Uang kita diinvestasikan dalam apa? Tidak terlihat sama sekali.
  2. Tingkat return/laba yang abnormal.
    Dengan investasi Rp140.000, setelah 50 hari, profit 50 ribu (lebih dari 33% hanya dalam kurang dari 2 bulan). Setelah 100 hari profit 150 ribu, ditambah dengan 50 ribu pertama, berarti sudah lebih hampir 150% dalam 100 hari.
  3. Adanya periode lockdown. Uang hanya bisa ditarik di hari ke 50,100,,200,…
    Ini membuat anda terikat dalam scam ini untuk jangka waktu tersebut. Selama periode lockdown itu, orang orang yg ikutan pasti sibuk ikut membuat testimonial dan mengajak orang-orang, karena ada sistem referral (bonus yg buat ajak orang lain ikut)
  4. Satu lagi yg lucu dari ini adalah untuk mengambil profit pd hari ke 150, anda harus setor lagi 100rb untuk dapat profit 190rb. Hari ke 200 harus setor 150rb utk dapat profit 285rb. Untuk apakah ini? Masukan uang yg baru ini untuk sekedar membantu mereka “bernafas” lebih panjang, dan scam ini bisa berjalan lebih lama sebelum runtuh
  5. Halaman yg berisi Testimonial yg “terpercaya”
    Sebuah program scam tentunya tidak akan lengkap tanpa adanya testimonial dari orang orang yang sudah “berhasil” dalam program ini. Ada yg sudah membaca The Cashflow Quadrant pula…(geleng-geleng). Tapi tidak tau juga sih itu orangnya beneran atau fiktif.

Ciri-ciri diatas saya ambil dari salah satu forum di Jakarta.

Semoga kita tidak terperosok ke dalam bisnis yang berbau scam ini, dan cukup saya saja🙂 kenapa? karena saya pernah tertipu oleh bisnis yang mengandung scam ini dan rugi/kehilangan uang senilai 2juta rupiah.

Salam

2 thoughts on “Ciri-ciri bisnis yang SCAM

  1. danny hermawan

    perkenalkan saya Danny Hermawan. saya member di investasi yg Anda maksud. kenapa Anda hanya melihat dr satu investasi online saja? sedngkan banyak sekali di internet investasi online. saya yakin diantara sekian banyak itu pasti ada beberapa yg benar2 bisnis investasi. atas dasar apa Anda mengatakan bisnis yg saya jalani scam? buktinya saya enjoy enjoy saja dan saya punya 5 account investasi di IMF ini. dan saya sudah berkali kali ditransfer dr admin ke rekening saya. bisa anda buktikan sendiri setiap hari anggota makin brtambah.
    tidak ada gunanya trauma! jika prnah gagal sekali dan trauma selamanya, maka jgn harap keberhasilan akan datang seperti mu’jizat begitu saja! oke semoga sukses dalam berkarir!

    Reply
  2. smochamad

    Hallo pak, sori kalau baru bisa balas sekarang karena saya saat ini sedang sibuk kerja🙂

    artikel diatas merupakan wanti-wanti atau hmm.. apa ya bahasa indonesia yang baik dan benarnya? sekedar mengingatkan saja, banyak bisnis model yang seperti artikel diatas itu yang berujung pada scam/penipuan dan banyak juga yang masuk berita di TV.

    Intinya sih, semoga artikel diatas membantu orang-orang khususnya yang awas seperti saya pada model bisnis yang ada dijaman sekarang. Kita mempercayakan sejumlah uang kita dalam jumlah yang cukup besar untuk mendapatkan hasil yang tetap setiap bulan. Hal ini menurut saya cukup mengherankan, jika model investasi yang ditanamkan di sektor finansial seperti deposito, tabungan itu memang akan menghasilkan profit yang fix. Tetapi apabila ada yang diluar model seperti itu saya tidak tahu🙂

    salam

    Reply

Leave a Reply

