Sampah di Gunung Everest


Tadi pagi saya melihat Metro TV, disana ada acara Green Life. Di salah satu bagian dari acara itu memperlihatkan tentang sampah-sampah di Gunung Everest dan sampah itu dihasilkan oleh para pendaki yang tidak mau membawa turun gunung sisa-sisa dari peralatan yang digunakan pada saat mendaki.

Salah satu peralatan mendaki yang menjadi sampah di Gunung Everest adalah Tabung Oksigen. Tabung oksigen ini merupakan nyawa dari pendaki, tetapi setelah habis pakai si pendaki malah meninggalkannya begitu saja di puncak Everest tersebut.

Para pecinta lingkungan dari Jepang secara inisiatif mengumpulkan sisa-sisa sampah yang dikumpulkan oleh para pendaki tersebut dan mengusulkan agar Gunung Everest ditutup saja untuk pendakian sebagai akibat dari kekesalan pecinta lingkungan tersebut kepada pendaki gunung yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin catatan saya diatas bisa menjadi renungan dan teguran bagi para pencinta alam yang tidak bertanggung jawab meninggalkan sisa-sisa sampah di alam.

Slogan “Jangan kau ambil sesuatu kecuali gambar…Jangan kau tinggalkan sesuatu kecuali jejak….Jangan kau buru sesuatu kecuali waktu…” mungkin bisa dijadikan acuan untuk para pencinta alam.

Sumber gambar: Wanandri

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s