Tarif SMS di Indonesia mahal

Coba anda hitung, berapa kali anda setiap kali mengirimkan SMS kepada orang lain dalam satu hari? lalu dikali satu bulan? terakhir dikali satu tahun. hasil nya sungguh mencengangkan. Anggap saja anda mengirimkan 20 SMS setiap hari dikali Rp 350 per SMS, hasilnya Rp 7000 perhari. Dikali satu bulan (anggap satu bulan=30 hari), hasilnya Rp 210.000. Terakhir dikali satu tahun menjadi Rp 2.520.000/pertahun.

Untuk sebagian orang, uang Rp 350 tidaklah berat. Tetapi bagi saya, Rp 350 menjadi berat bila dibandingkan dengan tarif SMS di Indonesia dengan negara lain. Dibandingkan negara-negara lain di Asia seperti Filipina (Rp 167), Hong Kong (Rp 240), Malaysia (Rp 240), dan Singapura (Rp 280), Indonesia dengan rata-rata tarifnya Rp 320 merupakan negara yang tertinggi dalam mematok harga SMS. Sementara, tarif SMS yang dipatok negara lain itu merupakan data lama tahun 2005.

Sebenarnya sulit diterima kalau operator sampai tidak menurunkan tarif pungut retailnya karena biaya terminasi SMS yang tadinya Rp 38 ternyata telah turun menjadi Rp 26, sehingga ongkos produksi SMS kini hanya Rp 52.

Seluruh operator telekomunikasi di Indonesia rata-rata mematok tarif pungut untuk layanan SMS sebesar Rp 320. Padahal, dengan ongkos produksi sebelumnya yang cuma Rp 76, tarif pungut SMS yang dinilai wajar oleh BRTI ialah sebesar Rp 100.

Pastinya tarif SMS di negara lain juga sudah turun drastis saat ini (2008). Hanya Indonesia saja yang belum berubah. Idealnya tarif kita sekarang minimal sama dengan tarif SMS di Filipina yang sudah turun menjadi sekitar Rp 150.

Jadi jika anda merasa Rp 350 begitu kecil untuk sebuah SMS, sepertinya anda harus membandingkannya dengan tarif SMS di negara lain.

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s