Antara ada dan tiada Jubah Tembus Pandang

Banyak sekali film-film Holywood yang memperlihatkan efek tentang jubah tembus pandang ini, salah satunya adalah film Harry Potter. Disini diperlihatkan bahwa Harry Potter dapat tidak terlihat setelah dia memakai jubah ini.

Sebenarnya ada atau tidak sih Jubah Tembus Pandang ini? kalau dilihat dari sisi sains, jubah ini sebenarnya merupakan efek tipuan mata sederhana.

Sebuah prototip telah siap dirampungkan oleh para saintist menggunakan semacam bahan yang kerap disebut metamaterial, yang memiliki indeks bias negatif dan mencerai-beraikan gelombang elektromagnetik, dan bukan menyatukannya.

Pada tanggal 19 Oktober 2006 sebuah kerjasama antara para ilmuwan Inggris dan USA menghasilkan sebuah jubah atau mantel yang mencegah sebuah silinder tembaga terdeteksi oleh gelombang mikro. Jubah ini dibuat dari metamaterials, yang masih menampilkan sedikit bayangan, yang diharapkan oleh para perancangnya dapat segera diperbaiki.

Piranti tersebut bekerja hanya dalam dua dimensi dan hanya pada gelombang mikro, obyek yang akan dihilangkan tetap terlihat oleh mata telanjang, walaupun demikian penelitian setidaknya telah meletakkan fondasi bagi suatu bentuk ke-kasat-mata-an (invisibility)[7][8].

David R. Smith, seorang akademisi Augustine dan seorang profesor di bidang rekayasa listrik dan kompter pada Universitas Duke yang mendemonstrasikan “jubah tembus pandang” pertama yang dapat berfungsi, dikutip telah mengatakan:[9]

   
Jubah tembus pandang
Sampai saat ini belum jelas apakah anda pada suatu saat dapat memiliki “ke-kasat-mata-an” seperti yang dipikirkan orang bila bicara mengenai Jubah Gaib Harry Potter atau piranti menghilang Star Trek. Untuk membuat sebuah obyek benar-benar menghilang di hadapan mata seseorang, sebuah selubung atau jubah seyogyanya harus berinterasi secara simultan dengan segala panjang gelombang, atau warna, yang menyusun cahaya.
   
Jubah tembus pandang

Cahaya dari belakang jubah “dialirkan” ke depan jubah dan jatuh pada mata pengamat, membuat jubah “tembus pandang”.

tidak terlihat.

Jubah menghilangkan benda karena cahaya dari sumber cahaya yang jatuh pada benda dipantulkan tidak ke mata pengamat melainkan ke arah lain: T: terlihat; TT: tidak terlihat.

Meskipun demikian, studi baru yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan Amerika mengatakan bahwa jubah atau selubung semacam itu akan amat mirip dengan Jubah Gaib Harry Potter, tetapi tanpa menghasilkan bayangan, karena sel-sel pada selubung memperbolehkan cahaya untuk dibelokkan di sekeliling mereka. Rancangan membutuhkan jarum-jarum mungil yang dicocokan pada sebuah kerucut sikat rambut pada semua sudut dan panjang yang akan memaksa cahaya untuk diteruskan mengelilingi selubung. Hal ini akan membuat segala yang terdapat dalam kerucut terlihat menghilang karena cahaya tidak lagi dipantulkan. “Hal ini terlihat sangat fiksi, tapi saya benar-benar menyadari, bahwa hal ini bersesuaian dengan hukum-hukum fisika,” ucap seorang pemimpin peneliti Vladimir Shalaev, seorang profesor bidang rekayasa listrik dan komputer di Purdue. “Idealnya, jika kita dapat membuatnya menjadi nyata, benda ini akan berfungsi bener-benar sama dengan Jubah Gaib Harry Potter,” ujarnya. “Jubah ini tak akan menjadi berat karena hanya terdapat sedikit logam di dalamnya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s