Investasi selain emas? akankah mungkin?

silverbar.jpg

Jawabannya singkat, jelas dan padat. YA.

Salah satu logam mulia yang banyak dicari saat ini, selain emas, adalah perak. Tentu saja bagi orang awam (seperti saya), menganggap bahwa perak atau silver merupakan logam mulia yang tidak berharga. Karena di Indonesia jarang sekali perhiasan yang berasal dari perak, sebagai pengecualian perhiasan2 yang dibuat pada pengerajin2 yang berasal dari jogya atau bali.

Tapi yang kita bicarakan disini bukan perak sebagai perhiasan, tetapi perak sebagai salah satu bentuk diversifikasi investasi. Perak yang dimaksud disini adalah perak batangan.

Seperti yang dikutip dari Franklin Tempelton, bahwa Jika kita ingin berinvestasi maka diversifikasi-lah. Dan jika berinvestasi jangan ketika orang sedang marak membicarakan/memburunya tetapi investasi jika dalam keadaan yang tenang dan stabil.

Berikut kutipan mengenai perkembangan harga perak/silver:

  • Dengan harga tertinggi belakangan sebesar US$14.94, perak telah naik 268 % sejak titik terendah di tahun 2001.
  • Harga emas tertinggi sepanjang sejarah adalah dua kali lipat harganya sekarang. Harga perak tertinggi sepanjang sejarah adalah tujuh kali lipat harganya saat ini. Dengan memperhatikan ini, kami merasa bahwa lebih mudah mengharapkan hasil yang besar di perak daripada emas.
  • Emas dan perak keduanya dipakai sebagai perhiasan, dalam industri dan untuk investasi. Perak memiliki kegunaan khusus dalam sektor fotografi, industri dan elektronik dimana perak tersebut kalau tidak habis terpakai, rusak atau tidak bisa dipulihkan dengan mudah.
  • Kita memiliki 14 tahun ketidakseimbangan persediaan dan permintaan perak. Permintaan perak telah naik 26% sejak tahun 1995.
  • Tidak seperti komoditas lainnya, kenaikan harga perak menyebabkan kenaikan permintaan bukan sebaliknya. Permintaan ekstra dari pasar yang meningkat datang dari investor yang datang terlambat yang tidak ingin tertinggal pasar yang panas.
  • Dibandingkan dengan emas, perak adalah pasar yang kecil. Pergeseran opini populer dapat menaikkan harga dengan cepat. Dan tidak diperlukan banyak spekulator untuk mendorong kenaikan harga perak dengan cepat. Dalam situasi tersebut, harga perak dapat bergerak naik dan turun tidak menentu dalam jangka pendek.
  • Batangan perak mudah dibeli, dijual dan ditukar. Harganya naik turun setiap hari dengan harga spot perak.
  • Perak memiliki kegunaan industri yang lebih dibandingkan dengan emas. Digunakan hampir dalam setiap industri. Perak bersifat lunak, berkilau dan merupakan salah satu logam pertama yang dikenal manusia. Bersama dengan emas, iridium, rhodium, ruthenium, paladium dan platina, kelompok ini disebut logam berharga.
  • Perak naik 28% di tahun 2003, 14% di tahun 2004, 38% di tahun 2005, dan telah naik sebesar 70% di tahun 2006.
  • Rasio antara emas dan perak dalam sejarah berkisar dari 10-15:1. Sekarang rasionya lebih dari 50:1. Banyak analis percaya perak masih sangat undervalued.

3 thoughts on “Investasi selain emas? akankah mungkin?

  1. Habib

    Klo perak mau dijual lagi biasanya kemana ya? Kayaknya lebih gampang emas …

    @Habib

    Orang yang berinvestasi di silver/perak ini biasanya membeli dalam bentuk coin atau batangan. Memang di Indonesia, untuk tempat jual beli silver memang jarang sekali karena di Indonesia dan juga kebanyakan orang tidak memakai silver sebagai perhiasan.
    Untuk tempat jual beli juga sangat jarang, salah satu contoh yang menjual adalah ANTAM.
    Harga silver ini dapat di lihat di KITCO,berikut fluktiasi harga silver dipasaran dunia. http://www.kitco.com/LFgif/ag00-pres.gif

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s